Layanan Drive Thru “Tempo Kas Tuntas” Malaria Mimika Puskesmas Timika Turun Empat Persen

Sejak dibuka pelayanan drive thru yang merupakan tindak lanjut dari program Tanggulangi Eliminasi Malaria Melalui Periksa Darah, Obati dan Kepatuhan Pengobatan Sampai Tuntas (Tempo Kas Tuntas) yang dicanangkan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, kasus malaria di Puskesmas Timika menurun empat persen.

Hal ini diuangkapkan Kepala Puskesmas Timika, dr. Moses Untung saat ditemui di Hotel Horison Ultima di Jalan Hasanuddin, Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Kamis (17/10/2024).

Ia mengatakan tingginya kasus malaria selama ini salah satu penyebabnya juga karena ada pendobelan pencatatan.

“Misalnya satu pasien dicatat satu sampai dua tiga kali sehingga saat ini sedang kita rapikan pencatatan data pasien,” ucapnya.

Dijelaskan pihaknya membuka empat pos pelayanan drive thru yakni di Terminal Sisi Selatan Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika, Kelurahan Kwamki dan Kelurahan Koperapoka setiap hari dam jam kerja. Kemudian pos layanan di Lokasi Car Free Day setiap hari Sabtu.

Selain itu sebagai tindak lanjut dari program Tempo Kas Tuntas, dilakukan juga pengendalian vektor di tempat-tempat yang ditemukan jentik nyamun penyebab malaria. Kemudian juga ada petugas mengunjungi pasien malaria untuk melakukan pemantauan minum obat, menginngatkan untuk menjaga kebersihan linkungan. “kami juga bekerja sama dengan pihak Malaria Center untuk melakukan penyemprotan residu dalam ruangan (Indoor Residual Spraying),” pungkasnya.

Postingan Terbaru