Distanbun Mimika Pelatihan Pembuatan Biosaka Bagi Petani OAP di Wilayah Distrik Kwamki Narama

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika dalam kegiatan pelaksanaan penyuluhan pertanian menggelar pelatihan pembuatan Biosaka bagi petani di wilayah Distrik Kwamki Narama pada kami, 17 Oktober 2024.

Dikatakan penyuluh pertanian Distanbun Mimika Agus Harianto, pemanfaatan Biosaka untuk sektor pertanian sangat penting terkhusus bagi petani orang asli papua, dimana untuk saat ini pemakaian pestisida pada tanaman pertanian di Mimika belum banyak di Pakai.

Biosaka adalah ramuan organik yang terbuat dari ekstrak tanaman yang berfungsi sebagai elisitor untuk membantu tanaman tumbuh dan berproduksi. Biosaka merupakan salah satu inovasi pertanian organik modern yang ramah lingkungan.



Biosaka memiliki beberapa manfaat, di antaranya: Mencegah serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), Menjaga keseimbangan ekologi, Meningkatkan hasil pertanian, Mengurangi penggunaan pupuk kimia.



Dari Pelatihan tersebut diharapkan Petani Orang Asli Papua dapat mengembangkan potensi Biosaka lepas Pelatihan yang di gelar, kegiatan yang sama juga akan direncanakan akan di gelar di wilayah distrik lainnya di kabupaten mimika.

Postingan Terbaru