Dinkes Mimika Pertemuan orientasi Sistem Informasi HIV AIDS (SIHA) 2.1 Tahun 2024

Pertemuan orientasi Sistem Informasi HIV AIDS (SIHA) 2.1 digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika bersama 23 Puskesmas dan Klinik di Mimika pada 9 Oktober 2024.

Terkait Penularan HIV AIDS di Mimika dikatakan Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Mimika Kamaluddin, 97 Persen penularan HIV AIDS terjadi melalui hubungan seksual, dimana Tiga Persen lainnya penularan terjadi melalui Ibu dan Anak.

Dijelaskan sesuai data Dinas Kesehatan Mimika, di tahun 2024 terhitung mulai januari hingga September terjadi 491 kasus HIV AIDS yang 79 kasus diantaranya terjadi pada Ibu Hamil, dan 2134 kasus merupakan Infeksi Menular Seksual (Sifilis-GO).

Kamaluddin menghimbau dengan julah kasus yang terdata diharapkan masyarakat dapat setia pada pasangan masing-masing dan melakukan hubungan yang sehat menggunakan pengaman kondom. Dalam pelayanannya, dinas kesehatan melakukan pelayanan kepada kelompok beresiko dan populasi umum.

Jika ditemukan orang dengan HIV (ODHIV) pemberian ARV dilakukan sekaligus melakukan pemantauan minum obat ARV secara teratur, untuk pasangan ODHIV dilakukan pemeriksaan Viral load setiap enam bulan sekali untuk mengecek Virus.

Postingan Terbaru