Menkes RI Budi Sadikin Buka RAKERKESDA ke-II Provinsi Papua Tengah Tahun 2024 di Mimika

Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Papua Tengah menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (RAKERKESDA) ke II tahun 2024 dengan tema Aksi Bersama untuk Provinsi Papua Tengah Sehat, Strategi Efektif Percepatan Penurunan Stunting, Eliminasi Malaria dan Peningkatan Aksesibilitas Layanan Kesehatan pada 18 September 2024 yang di buka Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin didampingi PJ. Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk dan PJ. Bupati Mimika Valentinus Sumito.

Dikatakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Upaya Preventif dan promotif dalam pelayanan kesehatan menjadi point penting yang harus dilakukan oleh kementerian hingga Dinas Kesehatan di daerah, dimana tugas utama kementerian kesehatan adalah menjaga masyarakat tetap sehat dan prduktif.

Dikatakan Menkes, upaya preventif dan promotif di Indonesia di fokuskan pada dua jenis penyakit, yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular, dimana setiap kepala daerah harus mengetahui epidemologi setiap daerahnya masing-masing terhadap jenis penyakit yang terjadi di daerahnya.

Selain itu upaya peningkatan layanan kesehatan harus di tingkatkan,dimana pemenuhan kebutuhan utama terkait Sumber Daya Manusia Kesehatan yang masih sangat kurang di Papua Tengah menjadi pekerjaan rumah daerah, selain factor lainnya seperti sarana Insfrastruktur serta kemudahan akses jangkauan menuju pusat layanan kesehatan di setiap daerah.

Kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan khususnya tenaga dokter spesialis masih sangat kurang, oleh karena itu pemerintah daerah harus merekrut putra putri asli papua yang berprestasi di bidang kesehatan untuk di sekolahkan kedokteran dan harus di danai dengan beasiswa hingga selesai menempuh pendidikan kedokteran.

“Pemerintah daerah harus menyiapkan generasi muda papua yang berprestasi, di data dan disekolahkan ke perguruan tinggi kedokteran dengan beasiswa oleh pemerintah, baik itu oleh kemenkes maupun pemerintah daerah agar nanti bisa kembali ke daerahnya untuk melayani masyarakatnya” ungkap Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Dalam kesempatan tersebut PJ. Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk pembangunan Rumah Sakit Pusat di Provinsi Papua Tengah juga sedang di upayakan oleh pemerintah daerah yang direncakan di bangun di pusat kota selain upaya peningkatan kesehatan lainnya seperti peningkatan SUmber Daya Manusia Kesehatan dalam tujuan pelayanan kesehatan yang lebih baik untuk menjangkau wilayah 3T yaitu terpencil dan terluar wilayah provinsi Papua Tengah.

Giat tersebut juga di buka Forum Diskusi bersama Menteri Kesehatan yang didampingi oleh Kepala DInas Kesehatan Provinsi Papua Tengah dr. Silwanus Sumule dan notulen, dimana berbagai Aspirasi disampaikan oleh para Kepala Dinas Kesehatan di 8 Kabupaten se provinsi Papua Tengah, yang diantaranya terkait Fasilitas Insfrastruktur, Sumber Daya Manusia Kesehatan, Akses Menuju Lokasi serta Faktor Keamanan dalam melakukan layanan kesehatan di wilayah Kerja 8 Kabupaten kepada Kementerian Kesehatan.

Postingan Terbaru