Terkait Pelayanan Kesehatan Di Distrik Alama, Ini Penjelasan Kadinkes Prov. Papua Tengah

Kepala Dinas Provinsi Papua Tengah dr. Silwanus A. Sumule mengatakan terkait Kejadian di distrik Alama Kabupaten Mimika dirinya turut prihatin kejadian tersebut dapat terjadi. Dikatakannya upaya pemprov. Papua tengah untuk mendorong layanan kesehatan di distrik ALama diupayakan tetap harus berjalan, dimana keselamatan pasien menjadi prioritas utama dalam pelayanan kesehatan.

Dikatakannya berdasarkan laporan yang di terima, pelayanan di Puskesmas Alama cukup baik, salahsatunya laporan tentang kejadian Malaria dari Puskemas Alama yang lengkap walaupun kurangnya tenaga kesehatan.

Terkait pelayanan kesehatan, lintas stakeholder harus duduk sama-sama mencari solusi bagaimana melakukan pelayanan kesehatan kembali di Distrik Alama, dimana ada hak-hak dasar kesehatan masyarakat yang harus terpenuhi di Distrik Alama.

Dirinya mengaku sudah bertemu dengan tenaga kesehatan yang telah di tarik dari distrik alama dan berbicara langsung terkait pelayanan kesehatan di Alama, untuk Nakes tersebut, pihak Dinas Kesehatan akan memberikan Trauma Healing bersama Psikolog di Jayapura Atas rasa trauma yang menimpa para tenaga Kesehatan di Distrik Alama yang di tanggung langsung melalui Program “Kartu Otsus Sehat”.

Dikatakannya dalam 3 hingga 4 bulan terakhir ini telah terjadi kasus menyerupai di beberapa kabupaten, di Alama Kabupaten Mimika menjadi kejadian yang ketiga bagi tenaga kesehatan, yang pertama di Rumah Sakit Kabupaten Paniai kedua RSUD Mulia dan di Distrik Alama. Dikatakannya kasus yang terjadi bervariasi diantaranya kekerasan verbal, kekerasan fisik dan kekerasan Psikologis bagi tenaga kesehatan.

Oleh karena itu dirinya mengharapkan para tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemerintah dapat duduk bersama. Ditambahnya mencari tenaga kesehatan terutama tenaga dokter spesialis menjadi hal yang susah dilakukan, terutama ketika di minta untuk bertugas di wilayah yang kurang keamanannya, di beberapa Kabupaten malah tidak memiliki tenaga kesehatan seperti dokter spesialis.

Postingan Terbaru