Papua Tengah Raih Penghargaan Layanan Kesehatan “ Ko Sehat” Kartu Otsus Sehat Oleh Kemenkes

Penduduk Provinsi Papua tengah jumlah penduduknya 95 persen sudah tercover oleh jaminan kesehatan, dari hal tersebut Pemerintah Provinsi Papua Tengah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan, hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Tengah, dr. Silwanus A. Sumule, SpOG (K), M.Kes saat di temui wartawan pada 15 Agustus 2024 lalu.

Dikatakan dr. Silwanus A. Sumule, satu-satunya dari beberapa daerah otonomi baru (DOB) di Papua, provinsi Papua Tengah yang telah berinovasi untuk memberikan komplemen atau tambahan pembiayaan untuk orang asli papua melalui program “KO SEHAT” yaitu Kartu Otsus Sehat yang dicetuskan.

Dikatakannya 1 orang papua mempunyai 2 jaminan kesehatan, sebagai warga Negara Indonesia mendapatkan Jaminan Kesehatan melalui BPJS, dan kedua sebagai orang Papua harus mendapatkan manfaat dari dana Otonomi Khusus melalui Kartu Otsus Sehat.

Dikatakannya, untuk layanan Kartu Otsus Sehat hal-hal yang tidak tercover melalui BPJS Kesehatan, bias tercover melalui Kartu Otsus Sehat. Pemprov Papua Tengah telah menggelontorkan Dana Otsus, diantaranya ke RSUD Mimika sebesar 4,5 Milyar untuk Pelayanan KO SEHAT tiap Tahunnya.

Postingan Terbaru