Papua Tengah Menyumbang 85 Persen Kejadian Malaria Nasional, Ini Penjelasan Kadinkes

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Tengah, dr. Silwanus A. Sumule, SpOG (K), M.Kes mengatakan Provinsi Papua Tengah masih menjadi daerah yang endemis malaria, focus di dua tempat yaitu di Kabupaten Mimika dan Kabupaten Nabire, dimana provinsi Papua Tengah menyumbang 85 persen kasus kejadian malaria.

Mengacu pada pesan Kementerian Kesehatan untuk menurunkan kasus Malaria, Melalui program “Tempo Kas Tuntas” segenap penggiat Malaria dari Provinsi Papua Tengah, Kabupaten dan Stakeholder Swasta memilih lokasi khusus (lokus) Malaria di Mimika di wilayah Puskesmas pasar sentral yang terdapat 6 Kelurahan dan 1 kampung di wilayah distrik Mimika Baru.

Hal tersebut mendasar pada tiga alas an dasar dimana di wilayah Puskesmas Pasar Sental memiliki jumlah penduduk padat, Kasus Malaria Tinggi, dan Kesiapan Nakes di Puskesmas Pasar Sentral. Dirinya mengapresiasi kolaborasi lintas sector dalam pertemuan yang di gelar Dinas Kesehatan Mimika dan yakin bahwa program tersebut dapat berhasil dan dapat di duplikasi oleh Kabupaten lain di wilayah Provinsi Papua Tengah maupun wilayah DOB lainnya di Tanah Papua.

Postingan Terbaru