Kemenkes RI Raker Penanganan Tiga Penyakit Tropis Terabaikan Bersama Lintas Sektor di Mimika

Kementerian Kesehatan RI menggelar kunjungan di Kabupaten Mimika dan menggelar pertemuan bersama Dinas Kesehatan, Bappeda Mimika dan stakeholder lainnya, guna mendengar langsung tentang penanganan penyakit tropis terabaikan di Mimika pada kamis, 22 Agustus 2024 di Kantor Bappeda Mimika.

Tiga penyakit Tropis yang terabaikan yang di fokuskan yaitu Kusta, Filariasis dan Frambusia yang menyerang kulit manusia, dimana hal terseut menjadi agenda nasional yang di targetkan diturunkan hingga 2030 mendatang.

Tujuan pertemuan tersebut dalam rangka menyusun rencana kerja penanganan tiga penyakit tropis tersebut khususnya di wilayah Papua. Dikatakan Tim Kerja NTD Ridwan Mauri perihal penanganan penyakit tropis tersebut bukan saja hanya terkait kesehatan, namun juga terkait dengan social budaya, ekonomi dan demografi atau wilayah, oleh karena itu pihaknya turut mengundang stakeholder lainnya dalam pembentukan tim kerja yang di inisiasi oleh WHO.

Mewakili Kadis Kesehatan Mimika Reynold Ubra, Kabid Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Dinkes Mimika Obet Tekege mengatakan, untuk penanganan tiga penyakit tersebut telah dijalankan oleh 23 Puskesmas di Mimika yang di fokuskan di wilayah kota dengan penduduk terpadat, untuk penanganannya Dinkes akan lebih memperkuat di Layanan, mulai dari deteksi kasus, tatalaksana kasus, pencatatan dan pelaporan serta melakukan edukasi kepada masyarakat.

Postingan Terbaru