Dinkes Mimika Pertemuan “Tempo Kas Tuntas” Malaria Bersama Penggiat Malaria di Mimika tahun 2024

Selepas sebelumnya melakukan pertemuan bersama internal dinas kesehatan dan jurnalis di Kabupaten Mimika terkait Eliminasi Malaria, Dinas Kesehatan Mimika juga menggelar pertemuan penyusunan rencana kerja percepatan eliminasi malaria dengan tema “TEMPO KAS TUNTAS” pada kamis, 15 Agustus 2024 bersama lintas sector penggiat Malaria di Kabupaten Mimika.

Disampaikan kepala Dinas Kesehatan Reynold Ubra, “Tempo Kas Tuntas” adalah Tanggulangi Eliminasi Malaria melalui periksa dini dan obati pemantauan kepatuhan pengobatan sampai Tuntas dimana program ini sudah sesuai dengan program nasional.

Ditakakannya, hari ini Kasus Malaria di Kabupaten Mimika Tinggi karena penderita malaria tidak patuh minum obat sampai tuntas, selain adanya penularan dari nyamuk ke manusia. Oleh karena itu Dinkes Mimika menggelar pertemuan yang lebih besar yang melibatkan YPMAK, PT Freeport Indonesia, PERDAKI, PATELKI, IDI, IAI dan stakeholder lainnya agar Eliminasi Malaria mulai dari Deteksi sampai pengobatan dapat maksimal dilakukan.

Dikatakannya wilayah lokasi khusus (LOCUS) tim kerja akan di mulai dari wilayah kerja puskesmas pasar sentral yang terdapat 5 kelurahan yaitu kelurahan pasar sentral, Inauga, Perintis, Timika Indah dan Sempan dan Kampung Mandiri Jaya. Pendekatan akan dilakukan dengan melakukan intervensi lingkungan serta pengobatan dan pendampingan pasien malaria sampai tuntas oleh kader malaria.

Postingan Terbaru