Bawaslu Mimika Sosialisai Pengawasan Partisipatif Pemilih Pemula Jelang Pilkada 2024

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif mengusung Tema “Menjaga Hak Pilih Pemilih Pemula” digelar Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Mimika kepada pelajar dan Mahasiswa di Mimika pada Sabtu, (24/8/2024) disalahsatu hotel di Mimika.

Kegiatan tersebut sengaja di gelar bagi pelajar dan Mahasiswa sebagai pemilih pemula oleh Divisi Pencegahan Bawaslu Mimika yang turut menghadirkan Kordiv Data KPU Mimika dan Ketua STKIP Hermon.

Koordinator Divisi Pencegahan Salahudin Renyaan dalam kesempatan ini mengatakan, kegiatan ini penting guna meningkatkan pemahaman tentang politik Pemilu dan demokrasi bagi generasi muda sebagai pemilih pemula dalam mengawal hak pilihnya di pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung.

Salahudin juga mengajak pelajar dan mahasiswa untuk ikut berpartisipasi mengawasi proses pelaksanaan pengawasan Pemilu Tahun 2024.

Sebab menurutnya, para pelajar dan mahasiswa ini bukan hanya sebagai pemilih pemula tetapi juga harus ikut aktif dalam mengawasi jalannya proses Pemilu yang sedang berlangsung saat ini.

"Adik-adik yang akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 nanti harus berperan aktif, saat ini sudah dibentuk Panwasdis dan Panwaslu Lurah/Kampung, jadi adik-adik bisa bersama-sama melakukan pengawasan dan pencegahan serta melaporkan pelanggaran Pemilu kepada pengawas kami,” ujar Salahudin.

Salahudin berharap, pelajar dan mahasiswa sebagai pemilih pemula ini harus menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya.

"Gunakan hak pilih dengan dengan baik, jangan ada yang golput, satu hak pilih adik-adik sangat menentukan pemimpin masa depan," tegas Salahudin.

Tak hanya itu, Salahudin juga mengingatkan pelajar dan mahasiswa untuk melawan praktik politik uang.

"Saya berharap adik-adik mampu melawan praktik politik uang, jangan mau diintervensi pihak manapun, pilih dengan hati nurani," ungkapnya.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para Pemilih Pemula, khususnya para pelajar dan mahasiswa dapat berpartisipasi dalam Pemilihan yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2024.

"Sebagai Pemilih Pemula kita harus berpartisipasi dalam pemilu karena suara kita yang akan dihitung dalam Pemilihan kali ini menentukan pergantian suksesi kepemimpinan di Kabupaten Blitar," tandasnya.



Dikatakan, Pemilih Pemula pada Pemilihan kali ini diharapkan ikut berpartisipasi dikarenakan pada pada Pemilihan tahun ini, pemimpin yang terpilih akan menentukan program pembangunan jangka panjang daerah.

Dalam kesempatan yang sama Koordinator Divisi Data KPU Kabupaten Mimika Budiono Muchie mengingatkan kepada seluruh peserta kegiatan agar mengecek DPT secara online guna memastikan terdaftar dalam DPT dan TPSnya sudah sesuai dengan tempat tinggal, Pengecekan dilakukan agar hak pilih masing-masing individu baik pemilih pemula maupun pemilih yang sudah pernah memilih dapat diakomodir hak pilihnya dalam pemilihan kepala daerah nantinya.

Selain itu, Ketua STKIP Hermon Densemina Yunita Wabdaron menambahkan, Pada Pemilu 2024 peranan penting pemilih pemula pada Pemilu 2024 diproyeksikan 60% pemilih dari kategori pemilih pemula, oleh karena itu keberadaannya sangat menentukan proses dan hasil Pemilu.

“Pemilih pemula pegang kunci besar atas suksesnya Pemilu 2024, sebab diperkirakan 60% pemilih dari kalangan pemilih muda dan pemilih pemula”, kata Densensima.

Atas peranan strategis Densensima mengajak kepada pemilih pemula agar tidak antipati pada politik. Sebab pemimpin adalah buah dari Pemilu, maju atau mundurnya sebuah bangsa salah satu faktor pentingnya peranan Pemimpin.

Postingan Terbaru