105.626 Pemilih Terdaftar Hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP PPD Distrik Mimika Baru

Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Mimika Baru menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) di Kantor KPU Mimika, Jalan Hasanuddin, Rabu (7/8/2024).

Ketua PPD Mimika Baru Jabris Wafom mengungkapkan dari hasil rekapitulasi pemutakhiran, diperoleh daftar pemilih di Distrik Mimika Baru sebanyak 105.626 orang.

“Daftar pemilih laki-laki 564.34 orang dan daftar pemilih perempuan 49.192 orang,” ungkap Jabris saat diwawancarai usai kegiatan tersebut.

Ia menjelasan sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ada satu tahap lagi yang akan dilakukan yaitu Rapat Pleno Perbaikan Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran (DPSHP) yang dilakukan di tingkat kelurahan/kampung, kemudia Rapat Pleno Terbuka DPSHP di Tingkat PPD Mimika Baru.

Selanjutnya dari hasil itu akan disampaikan ke KPU Mimia untuk diplenokan menjadi DPT yang akan adigunakan untuk Pilkada 2024.

Ia berharap seluruh Masyarakat di Distrik Mimika Baru dapat terakomodir hak politiknya sehingga pada tanggal 27 November nanti menuju ke bilik suara untuk menyalurkan hak politiknya.

Dijelaskan berdasarkan hasil pemutakhiran, terdapan sejumlah pemilih potensial dalam artian sebelum hari pemilihan mereka genap17 tahun sehingga bisa menggunakan hak suara. “Harapan kami pada Pilkada 2024 ini bisa menggalang partisipasi masyarakat semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Mimika. Tadi ada beberapa masukan dari peserta termasuk Pandis yang mana terkait rumah-rumah warga yang belum ditempel stiker Coklit akan kami upayakan agar bisa ditempel, karena stiketr Coklit ini sangat bergunaa untuk bisa mengidentifikasi rumah warga mana saja yang sudah bisa menggunakan hak suara dan yang belum ,” ucapnya.

Postingan Terbaru