PBM-GKI Gelar Dialog Publik Paradox Papua, Hadirkan Rocky Gerung Bicara Papua

Pusat bantuan mediasi gereja kristen injil (pbm-gki) di tanah papua menggelar dialog publik dengan tema paradox papua sebagai sebuah upaya transformasi konflik melalui mediasi naratif pada rabu, 10 juli 2024 dengan menghadirkan pengamat politik, filsuf, akademikus dan intelektual publik rocky gerung sebagai nara sumber utama.

Giat yang di hadiri lintas sektor dan lintas stakeholder tersebut membahas problematika yang terjadi di papua khususnya di kabupaten mimika secara multi faktor dengan keterkaitan sebab dan akibat.

Dalam dialog publik tersebut juga turut di hadiri bupati mimika johannes rettob melalui teleconference karena saat ini tidak berada di mimika, dikatakan bupati mimika johannes rettob mimika dengan keheterogenan suku, ras, agama, budaya masyarakat mimika harus tetap bersatu untuk menjadikan mimika rumah kita dimana kedamaian toleransi selalu harus di jaga seluruh masyarakat di kabupaten mimika.

Laus rumayom dosen hubungan internasional uncen dan juga staf khusus presiden yang di tunjuk sebagai moderator dalam kesempatan tersebut mengatakan diskusi paradox papua lebih mengupas terkait problem global terkait masyarakat adat, pemerintahan, kondisi papua dalam konflik global yang di tuangkan dalam narasi serta mencari solusi bersama dalam pengelolaan konflik.

Rocky gerung dalam kesempatan tersebut menyampaikan pandangannya terkait papua, dimana menurutnya terjadi banyak kesenjangan yang terjadi di berbagai sektor dikarenakan banyak yang mengambil keuntungan dari berbagai konflik yang terjadi di tanah papua.

Di tambahkannya, salahsatu penyebab terjadi kesenjangan berkepanjangan yang terjadi di papua karena jumlah argumen yang di produksi untuk sebuah paradigma di papua lebih sedikit di bandingkan dengan jumlah sentimen yang di produksi di jakarta.

Menurutnya papua harus di baca dalam kondisi strategis global politik internasional dimana posisi papua menjadi strategis dan menjadi yang paling lemah di wilayah indonesia jika terjadi krisis konflik internasional.

Postingan Terbaru