KPU Mimika Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penggunaan Aplikasi E-Coklit Bagi Petugas PPS


Bimbingan Teknis Penggunaan Aplikasi E-coklit di gelar KPU Mimika di Hotel Horison Ultima Timika, Selasa (18/6/2024) bagi seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten mimika yang akan bertugas merekrut petugas PANTARLIH pada Pilkada 2024.

Budiono Muchie selaku Koordinator Divisi (Kordiv) Data KPU Mimika menjelaskan, Aplikasi E-Coklit ini di rancang menggunakan Aplikasi Android untuk memudahkan proses pencocokan dan penelitian data pemilih, dimana setiap petugas E-Coklit wajib memiliki Smartphone Android.

“Jadi data pemilih nanti dimasukan di aplikasi melalui smarthphone. Kita berharap melalui kemudahan ini seluruh wilayah bisa digunakan aplikasi E-Coklit,” ujarnya.

Ia mengatakan selain Pantarlih, PPS dan PPD juga harus bisa menggunakan aplikasi e-Coklit. Untuk PPD Bimtek ini sudah dilakukan.

Kemudian terkait Pantarlih, Budiono menjelaskan, mereka bertugas di lapangan untuk memastikan data pemilih yang terbarukan.

Pantarlih juga melakukan validasi data dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4), karena DP4 disinkronkan beberapa bulan lalu. Sementara saat ini sudah ada pergerakan data di lapangan.

“Pantarlih diperlukan untuk mencocokkan dan memvalidasi data pemilih di lapangan,” pungkasnya.

Postingan Terbaru