Sukseskan Pilkada 2024, KPU Minta PPD Bangun Komunikasi Intens Mulai dari Distrik hingga RT


Timika, Demi menyukseskan Pemilihaan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah berharap Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dari 18 Distrik se Kabupaten Mimika harus menjalin komunikasi baik dengan pemerintah setempat, dan jangan mempertahankan ego.

Hal itu ditegaskan oleh Kordinator Divisi (Kordiv) SDM KPU Mimika, Delince Somua bersama Sekretaris KPU Mimika, Ronny Roberth Toisutha pada Wartawan disela sela menggelar kegiatan Sosialisasi Tahapan Pembentukan Sekretariatan Badan Adhock Untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di Hotel Horison Diana, Jalan Budi Utomo, Timika, Rabu (23/5/2024).

"Kegiatan sosialiasi ini, KPU bersama teman teman PPD, dan Pemerintah Distrik. Intinya adalah sosialiasi ini untuk penentuaan sekretariat PPD di masing masing Distrik se Kabupaten Mimika," sebutnya.

Ia juga menegaskan kepada PPD untuk jalin komunikasi baik dengan Pemerintah setempat dalam hal ini, Pemerintah Distrik, Lurah, Kampung dan ketua ketua RT agar dalam hajatan pesta demokrasi tahun 2024, mulai dari tahapan tahapan pilkada hingga selesai berjalan dengan baik.

"Intinya harus saling komunikasi dengan baik, agar pilkada ini berjalan dengan baik, kalau tidak tau harus bertanya," pesannya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris KPU Mimika, Ronny Roberth Toisutha bahwa, Sosialisai ini sifatnya evaluasi dari yang sebelumnya, jangan sampai komunikasi terputus atau bermasalah diantara Pemerintah Distrik, Lurah, Kampung, Ketua ketua RT dan PPD.

"Jangan pertahankan ego masing masing sehingga tidak bisa menjalin kerjasama untuk menyukseskan pilkada ini," ujarnya.

Kemudian kata Ronny Toisutha, Dari sisi sekretariat ini kita perlu orang orang yang bisa membuat laporan keuangan (LPJ), dari distrik atau orang yang sudah berpengalaman. kadang kadang karena laporan tidak betul akhirnya jadi masalah. Kita tidak mau seperti itu.

"Kita mau mereka (PPD) ini duduk bersama dengan pemerintah distrik untuk membicarakan, kira kira siapa yang bisa memahami terkait pengerjaan laporan keuangan, apalagi yang jadi bendahara," tegasnya.


Kata Ronny, Tadi sudah sepakat, siapa siapa yang mau diangkat supaya kinerja kita lebih baik dari sebelumnya untuk di tingkat kesekretariatan PPD.

Masih kata Ronny, Setiap PPD harus menjalin komunikasi baik dengan Pemerintah Distrik, Kelurahan, Kampung dan Ketua ketua RT yang punya wilayah, jangan membawa ego sendiri. "Kalau bicara tahapan pilkada, ok kalian PPD, tapi bicara wilayah kalian harus tunduk pada Pemerintah Distrik, Lurah, Kampung dan Ketua ketua RT serta pihak keamanan setempat," pungkasnya.

Postingan Terbaru