Koordinasi Intervensi Stunting Tahun 2024, Provinsi Papua Tengah Urutan Pertama Tertinggi

Koordinasi terpadu intervensi penurunan stunting terintegrasi aksi 1 dan 2 di kabupaten mimika tahun 2024 di gelar dinas dp3ap2kb mimika yang di hadiri lintas organisasi perangkat daerah serta forkompimda pada 29 april 2024 dan di buka pj. Sekda mimika ida wahyuni mewakili bupati.

Berdasarkan data survei kesehatan indonesia tahun 2023, 15 provinsi mengalami kenaikan prevalansi balita stunting dimana provinsi papua menduduki urutan ketiga di angka 34,5 persen dan papua barat pada urutan ke enam di angka 30 persen tertinggi se indonesia.

Dari data survei yang di paparkan, lintas tahun 2022-2023 indonesia hanya bisa menurunkan angka stunting 0,1 persen dari target 3 persen yang di rencanakan, hal tersebut menjadi perhatian serius yang perlu disikapi bersama khususnya di kabupaten mimika oleh seluruh stakeholder, dimana berdasarkan data survei per provinsi, di provinsi papua tengah menduduki urutan tertinggi prevalensi stunting sebesar 39,4 persen.

Dikatakan kepala dinas dp3ap2kb hermalina imbiri yang menjadi bagian tim sekretariat penanganan stunting mimika, angka stunting di mimika telah mengalami penurunan hingga 10,11 persen dari 24 persen di tahun 2018. Menyambung hal tersebut di jelaskan detail koordinator kerja tim penanganan stunting mimika reynold ubra, dikatakannya saat ini tidak terjadi singkronisasi data nasional dan daerah yang menyebabkan angka stunting tinggi. Hal tersebut juga di sambung kepala dinas sosial petrus yumte, dirinya mempertanyakan angka 0,1 persen yang di paparkan berdasarkan data survei kesehatan indonesia tahun 2023.

Postingan Terbaru