Dinas DP3AP2KB Mimika Koordinasi Singkronisasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG) Tahun 2023


Koordinasi dan sinkronisasi perumusan kebijakan pelaksanaan pengarusutamaan gender (pug) di gelar dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak pengendalian penduduk dan keluarga berencana kabupaten mimika pada 20 desember 2023, yang di ikuti oleh seluruh staf dan honorer dinas dp3ap2kb mimika.

Terkait pengaruutamaan gender (pug) telah diamanatkan dalam instruksi presiden nomor 9 tahun 2000, dimana strategi yang dilakukan dapat mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam berbagai aspek dapat melalui perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi seluruh kebijakan, program di pusat dan daerah yang terukur dalam indeks pembangunan gender (ipg).

Di lansir dari data badan pusat statistik nasional tahun 2022, capaian pembangunan manusia indonesia di bidang keseteraan gender semakin menunjukkan perbaikan. Hal ini tecermin dari data skor indeks pembangunan gender (ipg) di tanah air yang terus meningkat. Badan pusat statistik (bps) melaporkan, skor ipg nasional sebesar 91,63 poin pada 2022. Angka tersebut meningkat 0,4% atau 0,36 poin dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 91,27 poin.

Kenaikan ini melanjutkan pertumbuhan pada tahun sebelumnya. Melihat trennya, skor ipg sempat mengalami penurunan pada awal pandemi tahun 2020, yaitu dari 91,07 poin pada 2019 menjadi 91,06 poin pada 2020. Namun tahun berikutnya, ipg mulai kembali meningkat dengan pertumbuhan yang semakin cepat. Menurut wilayahnya, di yogyakarta menjadi provinsi dengan skor ipg tertinggi yakni mencapai 94,99 poin pada 2022. Sementara, skor ipg terendah berada di papua yaitu hanya sebesar 81,04 poin.

Ipg membandingkan capaian pembangunan laki-laki dan perempuan berdasarkan dimensi umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan standar hidup layak. Ipg yang meningkat menunjukkan perbandingan capaian kemampuan dasar antara laki-laki dan perempuan berkurang.

Postingan Terbaru