DP3AP2KB Temu Intervensi Stunting Aksi 6, Sistem Manajemen Data Stunting Mimika

Pertemuan koordinasi terpadu intervensi penurunan stunting terintegrasi aksi 6 terkait sistem manajemen data stunting di gelar dinas dp3ap2kb kabupaten mimika yang dibuka wakil bupati mimika johannes rettob bersama tim (iney) ditjen bina bangda kemendagri regional 5 dan dinas dp3ap2kb mimika pada 24 november 2023.

Dilaporkan dinas dp3ap2kb mimika sebagai sekretaris dalam tim 16 penanganan stunting di mimika, berdasarkan data survei status gizi indonesia (ssgi) tingkat prevalensi stunting mimika mengalami kenaikan hingga mencapai 33 persen yang menempati urutan ke 13 dari 30 kabupaten se provinsi papua. Stunting menjadi salahsatu masalah utama di papua khususnya di mimika yang perlu mendapatkan penanganan serius oleh pemerintah daerah sebagai salahsatu kabupaten pemilik sumber daya alam terbesar di indonesia.

Dalam sambutan wakil bupati mimika johannes rettob menekankan pentingnya peran serta setiap opd selain dinas dp3ap2kb dan dinas kesehatan, dimana dinilainya belum seluruhnya instansi terkait menyikapi dengan serius pencegahan stunting di mimika. Dikatakannya secara khusus terkait pananganan stunting akan di evaluasi dari tiap opd sejauh mana aksi stunting berdasarkan program kerja berjalan tahun 2023.

Dipaparkan tim (iney) ditjen bina bangda kemendagri regional 5 besse kuti, yang mencakup wilayah sulawesi, maluku, maluku utara, papua dan papua barat, dalam aksi 6 intervensi stunting adalah tentang sistem manajemen data intervensi penurunan stunting, yaitu upaya pengelolaan data di tingkat kabpaten hingga kampung untuk mendukung pelaksanaan intervensi gizi terintegrasi untuk membantu program percepatan penurunan stunting mulai dari tingkat kampung, distrik hingga tingkat dinas terkait mulai dari analisis, perencanaan, sosialisasi, advokasi dan evaluasi stunting di mimika.

Postingan Terbaru