DINSOS Mimika Pertemuan Teknis Lintas Sektor Penjangkauan Anak Terlantar di Mimika

Dinas sosial kabupaten mimika menggelar pertemuan koordinasi teknis penjangkauan anak terlantar bersama organisasi perangkat daerah terkait untuk mencari solusi bersama penanganan anak terlantar di mimika pada 18 oktober 2023 yang dibuka staf ahli bupati marthen marlissa.

Dalam sambutan bupati yang dibacakannya kolaborasi lintas opd maupun lintas sektor lainnya menjadi penting dilakukan dalam tujuan penanganan anak terlantar di kabupaten mimika yang mengacu pada undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak.

Dalam kesempatan tersebut kepala dinas sosial petrus yumte meminta adanya komitmen bersama lintas opd hingga distrik dan kelurahan maupun lembaga sosial lainnya dapat merumuskan bersama langkah strategis penanganan anak terlantar di kabupaten mimika.

Berdasarkan data yang dipaparkan dalam pertemuan tersebut, dalam persentasi menurut usia anak terlantar di kabupaten mimika di 20 kampung dan kelurahan lokasi khusus pendataan tahun 2023, usia 0-5 tahun sebesar 18 persen, 6-12 tahun tertinggi sebanyak 87 persen, 13-15 tahun sebanyak 51 persen dan 16-18 tahun terdata sebanyak 30 persen.

Dikatakannya permasalahan anak terlantar yang ada saat ini bukan hanya menjadi tugas dinas sosial, di mana pihak distrik, kampung dan kelurahan perlu mengambil bagian dalam penanganannya.

Postingan Terbaru